Usia | Motorik Kasar | Motorik Halus | Persona-Sosial | Bahasa | Kognitif Lainnya |
---|---|---|---|---|---|
2 Minggu | Kepala bergeser ke kanan dan kiri | Mengenal wajah | Waspada terhadap bunyi bel | ||
1 Bulan | Mengangkat kepala dari posisi rentan | Penglihatan sudah berkembang baik, mengikuti benda ke garis tengah, memiliki genggaman yang erat | Mengenal wajah | Waspada terhadap bunyi bel | |
2 Bulan | Mengangkat bahu saat tengkurap, mampu mempertahankan kepala dalam posisi terangkat | Mengikuti benda melewati garis tengah, tidak lagi mengepalkan tangan dengan erat | Tersenyum sebagai bentuk respon, mengenal wajah orangtua | Cooing, mencari sumber suara menggunakan mata | |
4 Bulan | Mengangkat tangan, tengkurap, berputar, tidak dijumpai headlag jika ditarik dari posisi tidur terlentang | Mencari objek, Raking Grasp, membawa tangan ke garis tengah, menjangkau dengan kedua tangan | Melihat tangan, mulai bermain dengan mainan | Tertawa dan menangis | |
6 Bulan | Duduk sendiri, memasukkan jari kaki ke dalam mulut dalam posisi telentang | Memindahkan objek dari tangan ke tangan | Bisa memberi makan diri sendiri, memegang botol, menyadari/mengenali orang asing | Mengoceh | |
9 Bulan | Mulai belajar berdiri, dapat duduk sendiri, berputar saat duduk, merangkak dengan baik, berdiri dengan berpegangan ke objek (dinding, pinggiran kursi, dll.) | Mulai Pincer Grasp, mempertemukan 2 balok, membuang benda | Bisa melambai “bye-bye”, memainkan pat-a-cake, mulai explore lingkungan | Bilang “Mama”/”Dada” tapi tidak spesifik, mengucapkan dua suku kata | |
12 Bulan | Berjalan,bangkit, dan berdiri | Memasukkan balok dalam cangkir, dapat membuat coretan dengan crayon | Minum dari gelas, meniru gerakan orang lain, datang saat dipanggil, dapat bekerja sama saat berpakaian | Bilang “Mama” dan “Papa” secara spesifik, mengucapkan 1-2 kata yang lainnya, mengikuti 1 perintah dengan gesture | |
15 Bulan | Berjalan mundur | Dapat meniru coretan, menyusun 2 balok secara vertikal | Menggunakan sendok dan garpu, membantu pekerjaan rumah | Menggunakan 3-6 kata, mengikuti 1 kalimat perintah tanpa gesture | |
18 Bulan | Berlari, melempar benda sambil berdiri tanpa jatuh | Menyusun 4 balok vertikal, menendang bola, membuat coretan secara spontan | Melepas baju, “memberi makan” boneka | Mengucapkan paling tidak 6-10 kata, memahami 5 bagian tubuh | |
2 Tahun | Naik dan turun tangga, melempar melewati kepala | Menyusun 6 balok vertikal, meniru garis, melepas sepatu, celana, dll. | Mencuci dan mengeringkan tangan, menggosok gigi, belajar memakai baju, dapat bermain bersama dengan anak lain | Menggunakan kata ganti (aku, kamu, dll) namun belum tepat, mengenal 50 kata. Menggabungkan 2 kata, menunjuk gambar, mengenal bagian tubuh, memahami 2 kalimat perintah | Mengerti konsep hari ini |
3 Tahun | Berjalan secara bergantian, lompat, bisa naik sepeda roda 3 | Menyusun 8 balok vertikal, menggambar lingkaran | Menggunakan sendok dengan baik, hanya sedikit yang tumpah, memakai kaos, dapat bermain berkelompok, berbagi mainan, bergantian, mengenal nama, usia, dan jenis kelamin (perempuan/laki-laki) | Menggunakan minimal 250 kata, Mengenal gambar, 75% bicaranya dimengerti oleh orang lain, mengucapkan kalimat yang terdiri dari 3 kata, mengetahui semua kata ganti | Mengerti konsep “besok” dan “kemarin” |
4 Tahun | Mampu menjaga keseimbangan satu sama lain (melompat satu kaki, melompat 2 kaki), berdiri pada satu kaki | Meniru bentuk ○, ▭, mungkin +, menggambar orang yang terdiri dari 3 bagian, mengkancingkan baju, menangkap bola | Menggosok gigi tanpa bantuan, memakai baju tanpa bantuan | Menyebut warna, mengerti kata sifat, dapat bercerita panjang, kooperatif dalam kelompok | |
5 Tahun | Skipping, berjalan jinjit, dan berjalan dengan tumit | Meniru bentuk △ (segitiga), mengikat tali sepatu, mengoles dengan pisau | Bermain permainan kompetitif, mematuhi aturan, suka membantu pekerjaan rumah | Menghitung, mengerti kebalikan, menanyakan arti kata, menulis nama depan |
Source :
Perniciaro, Jessica, MD. Chapter 9 Development, Behaviour and Mental Health. Dalam : Megan M. Tsuchudy, Kristin M. Arcara, editor. The Harriet Lane Handbook. Edisi ke-22. USA. Elsevier Inc; 2012. Hlm 224-242.
Marcdante, dkk. 2014. Nelson Ilmu Kesehatan Anak Edisi Keenam. Elsevier-Local. Jakarta