Untuk Orangtua, Yuk Kenali Tanda Awal Cerebral Palsy pada Balita

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Sebagai orang tua, pastinya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil. Salah satu hal yang paling penting adalah memastikan tumbuh kembang anak berjalan dengan normal. Namun, ada kalanya beberapa anak mengalami hambatan dalam perkembangannya, salah satunya akibat gangguan cerebral palsy (CP).

Gangguan CP adalah kondisi yang memengaruhi pergerakan dan koordinasi tubuh anak akibat kerusakan otak. CP ini bisa mempengaruhi otot dan saraf yang ditandai dengan anak mengalami kesulitan menggerakkan tubuhnya. Kondisi ini biasanya terjadi sejak lahir atau pada masa kanak-kanak awal. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui tanda-tanda awal CP pada balita agar dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Yuk Pahami Kelainan Cerebral Palsy Dari Penyebab, Gejala, Dan Diagnosis

Tanda Awal Cerebral Palsy pada Balita

Para orang tua harus paham bahwa gejala atau tanda-tanda CP sangat beragam, karena yang terjadi antara satu anak dengan anak yang lain berbeda. Hal ini tergantung dari jenis dan tingkat kecacatan yang terjadi pada anak itu sendiri. 

Namun, tanda utama yang paling mudah dikenali yaitu memiliki keterlambatan mencapai tonggak motorik maupun gerakan. Seperti berdiri, berguling, berjalan atau yang lainnya. Untuk mengenali tanda-tanda cerebral palsy yang terjadi di balita bisa memahami informasi berikut ini:

1. Usia Dibawah 6 Bulan

  • Mengalami kesulitan mengangkat kepala pada saat mengangkat di posisi berbaring, terlentang maupun pada saat ingin digendong.
  • Salah satu di bagian tubuhnya ada yang terasa lemas atau kaku.
  • Pada saat digendong dalam pelukan, anak terlihat meregangkan punggung maupun lehernya secara terus-menerus dan bertindak seolah-olah dirinya mendorong menjauh dari orang yang menggendong.
  • Pada saat ada yang mengangkatnya, bagian kaki akan terasa kaku atau mereka menyilangkan kedua kakinya.

2. Usia Lebih Dari 6 Bulan

  • Penderita cerebral palsy tidak dapat menyatukan tangannya.
  • Tidak berguling di kedua arah.
  • Sulit membawa tangannya ke mulut.
  • Mengulurkan tangan hanya menggunakan satu tangan saja sambil mengepalkan tangan yang lainnya.

3. Usia Lebih Dari 10 Bulan

  • Ngesot atau berguling-guling menggunakan paha atau pantat, melompat berlutut, namun tidak merangkak menggunakan 2 kaki.
  • Merangkak miring, hanya menggunakan satu kaki dan satu tangan, lalu kaki dan tangan yang lainnya menyeret berlawanan. Hal ini terlihat seperti tidak dapat digerakkan.

Nah, dengan mengetahui tanda-tanda diatas, orang tua dapat lebih sigap dalam membantu anak-anak mereka yang mungkin mengalami gangguan cerebral palsy. Semakin dini gangguan dideteksi dan diobati, semakin besar peluang anak untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Tim Dokter Spesialis Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE siap membantu anak Anda mencapai potensi terbaik mereka. Kami menawarkan berbagai layanan untuk anak-anak dengan gangguan CP, seperti assesment dan layanan terapi yang lengkap.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut.

Referensi

Cerebral Palsy, by Gina Jansheski, M.D., Cerebral Palsy Guidance.

Cerebral Palsy, Children’s Hemiplegia and Stroke Association.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami