Tips Menjaga Asupan Gizi Anak Dengan Gaya Hidup Modern

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Seiring dengan kemajuan zaman yang modern dan serba canggih, banyak masyarakat yang menikmati kehidupan dengan praktis, cepat, dan mudah. Terutama dalam hal makanan, di mana banyak dari kita cenderung memilih makanan cepat saji karena kepraktisan dan rasanya yang bisa dibilang lebih enak. Padahal, asupan gizi khususnya untuk anak tidak boleh diabaikan.

Tanpa disadari gaya hidup yang sederhana dan relatif tidak memperdulikan pola makan sehat dapat mengacaukan pola makan sehat seimbang. Untuk itu, penting bagi orang tua tetap memprioritaskan kandungan nutrisi anak meskipun dalam gaya hidup yang modern.

Nah, untuk Anda para orang tua, berikut tips menjaga asupan nutrisi si kecil dari kami.

Cara Menjaga Asupan Gizi Anak dalam Gaya Hidup Modern

Perlu diketahui bahwa gizi seimbang dapat diperoleh apabila mengkonsumsi makanan pada kadar seimbang yaitu antara sumber energi, sayuran dan buah, lauk pauk, atau waktu makan yang sesuai. 

Bagi orang tua yang masih dilema bagaimana cara untuk menjaga asupan gizi anak pada kehidupan modern seperti saat ini, yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Mengkonsumsi Makanan Yang Beragam

Tips yang pertama, Anda dan anak-anak bisa mengkonsumsi beraneka ragam makanan setiap harinya. Dengan cara ini, maka kekurangan gizi dari suatu makanan dapat dilengkapi zat besi melalui makanan yang lain.

2. Mengkonsumsi Makanan dengan Kebutuhan Energi

Memilih makanan yang memenuhi kebutuhan energi tubuh sangat penting, dengan fokus pada berbagai jenis makanan yang kaya protein, karbohidrat, dan lemak untuk mendukung keseimbangan nutrisi yang optimal. Pastikan untuk memasukkan variasi makanan bergizi dalam pola makan sehari-hari.

3. Membatasi Konsumsi Lemak 

Lemak memang dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak. Akan tetapi, Anda harus membatasi jumlah lemak yang dikonsumsi. Mengingat apabila lemak yang dikonsumsi terlalu berlebihan maka dapat menimbulkan penyumbatan pada bagian pembuluh darah.

4. Menggunakan Garam Beryodium 

Menjaga asupan gizi dengan menggunakan garam beryodium adalah langkah penting untuk mendukung fungsi tiroid, memastikan pertumbuhan dan perkembangan fisik atau otak yang optimal pada tubuh.

5. Mengkonsumsi Zat Besi 

Keberadaan dari zat besi berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Sementara zat besi itu sendiri bisa diperoleh melalui kuning telur, hati, daging, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

6. Membiasakan Sarapan 

Sarapan sangat berpengaruh dalam meningkatkan konsentrasi ketika belajar, dengan efeknya yang sangat signifikan berpengaruh terhadap prestasi. Penting juga untuk tetap terhidrasi dengan cukup mengonsumsi air putih.

Nah, dengan memahami cara menjaga asupan gizi diatas, sebagai orang tua, Anda dapat lebih bijak dalam merancang pola makan dan gaya hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangan anak akan lebih optimal.

Dapatkan perhatian lebih terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak Anda di Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE. Dengan dokter spesialis berpengalaman di bidang tumbuh kembang anak, kami menawarkan layanan terbaik untuk mendukung kesehatan dan potensi maksimal buah hati Anda.

Silahkan hubungi kami untuk mendapat konsultasi lebih lanjut.

Referensi:

Rshs, Hidup Sehat Melalui Gizi Seimbang

Jurnal Abdimas Indonesia, Pentingnya Edukasi Gizi Seimbang Untuk Pencegahan Stunting Pada Balita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami