Tips Efektif dalam Penanganan Dini Anak ADHD, Wajib Tahu!

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Kendati demikian, Anda bisa mencoba menangani anak ADHD di sekolah dan di rumah. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), atau dikenal dengan singkatan ADHD, merupakan gangguan perkembangan otak yang menyebabkan kesulitan fokus, perilaku impulsif, dan hiperaktif. Penanganan ADHD pada anak bukanlah tugas yang mudah, namun, langkah-langkah yang tepat di sekolah dan di rumah dapat memberikan dukungan yang signifikan.

Meskipun membutuhkan bantuan profesional, orang tua dan pendidik juga memiliki peran penting dalam mengelola gejala ADHD pada anak. Penanganan melalui pendidikan yang tepat akan membuat fenomena hiperaktif, impulsif, dan tanda negatif lainnya berkurang. Untuk itu, berikut tips-tips efektif dalam penanganan anak ADHD.

4 Tips Penanganan ADHD yang Efektif

Menangani anak ADHD diperlukan ketegasan, kesabaran, dan tentu pemahaman terkait gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder itu sendiri. Berikut 4 tips jitu dan efektif menangani dan mendidik anak ADHD.

1. Pola Hidup Sehat

Kenalkan kemudian terapkan pola hidup sehat kepada anak. Pastikan, makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan lakukan aktivitas fisik, paling tidak 60 menit setiap hari. Jangan lupa, anak memerlukan istirahat dan waktu tidur yang cukup. Pastikan hal tersebut terpenuhi dengan baik setiap hari.

2. Tegas dan Kendalikan Emosi

Perawatan dan penanganan ADHD pada anak memang tidak mudah, terutama jika orang tua tidak memiliki pengendalian emosi yang baik. Untuk menghadapi anak ADHD, orang tua tidak boleh marah tetapi harus tetap tegas. Selama emosi orang tua bisa dikendalikan, maka emosi anak juga bisa dikontrol dengan baik.

3. Bakat dan Rutinitas

Bantu anak menemukan bakat dan hobinya, kemudian pandu mereka untuk mencapai potensi terbaiknya di bidang yang disukai. Olah bakat dan hobi akan membuat anak lebih bergairah dan tidak menganggur sehingga mudah mengalami kebosanan. Buat rutinitas yang baik dan disiplin sesuai situasi dan kondisi.

4. Berikan Apresiasi

Jangan ragu untuk memberikan apresiasi dalam bentuk pujian maupun hadiah kepada anak-anak. Hanya saja, apresiasi tersebut sebaiknya diberikan setelah anak mampu menyelesaikan tugas dan bertanggung jawab atas apa yang sudah disepakati. Apresiasi dan hadiah sebaiknya langsung diberikan jangan ditunda.

Tips-tips di atas bisa Anda terapkan sebagai panduan dalam membantu mengelola ADHD pada anak. Selain melalui tips tersebut, penanganan ADHD bisa dilakukan dengan lebih optimal melalui terapi. Untuk itu, Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE hadir sebagai solusi terpercaya, menyediakan layanan terapi khusus untuk anak-anak dengan ADHD.

Klinik RHE akan membantu anak dengan gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder untuk mendapatkan penanganan ADHD dan pengembangan mental yang positif. Dengan demikian, diharapkan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Kami telah berkomitmen untuk mengutamakan kesejahteraan anak, dan kami percaya bahwa setiap langkah kecil dalam proses pengembangan mereka merupakan awal yang penting menuju masa depan yang lebih baik.

Refensi:

Neuro Health Associates. The 9 Best Treatments for Children and Adults with ADHD

Soreff, S. Medscape. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Medication

Understood.org. ADHD Treatment Options

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami