Tindakan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Disabilitas Fisik

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Disabilitas fisik adalah kondisi yang membatasi kemampuan seseorang untuk bergerak, melakukan aktivitas sehari-hari, dan berinteraksi dengan lingkungannya. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Ada berbagai jenis disabilitas fisik, seperti cerebral palsy, spina bifida, dan distrofi otot.

Orang tua dapat membantu anak mencapai potensi penuh mereka dengan mengambil tindakan yang tepat. Mulai dari memahami kebutuhan anak hingga memberikan dukungan yang optimal. Sebagai orang tua, memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi anak menjadi langkah awal untuk memberikan pendampingan yang tepat. Bagaimana tindakan yang tepat selanjutnya?

Tindakan dalam Mendampingi Anak dengan Disabilitas Fisik

Agar tidak mengalami terlalu banyak kesulitan dalam kegiatan setiap hari, anak dengan disabilitas membutuhkan pengajaran dan perhatian khusus. Orangtua perlu mengajarkan caranya pergi ke toilet, makan, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya. Lakukan juga beberapa hal ini.

Baca juga: Strategi Pengembangan Motorik pada Anak Disabilitas Fisik

1. Bergabung dengan Komunitas Anak Disabilitas

Jika diagnosis tentang kondisi anak sudah jelas, kumpulkan berbagai informasi seputar kondisi tersebut. Orangtua bisa memperoleh informasi secara online atau bergabung dengan komunitas orangtua yang anak-anaknya mempunyai kondisi disabilitas fisik yang sama.

Hal ini akan membantu orangtua bertukar pikiran serta berbagai informasi dari orang tua lain yang sudah berpengalaman. Selain itu, bergabung dengan komunitas juga bisa membuat orangtua merasa tidak sendirian dan punya teman seperasaan yang bisa diajak berbagi cerita.

2. Dapatkan Terapi Fisik

Langkah lain yang perlu diambil oleh orangtua untuk mendukung anak dengan disabilitas fisik adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis tumbuh kembang anak. Biasanya, dokter akan merujuk ke fisioterapis sehingga anak bisa memperoleh terapi fisik yang diperlukan. Ada beberapa terapi fisik yang bisa jadi akan diberikan.

Misalnya, anak akan dibantu mengenal berbagai kegiatan yang bisa dilakukan sendiri. Terapis juga akan membantu memperkenalkan alat bantu yang tepat dan bisa mempermudah anak untuk bergerak serta melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

3. Dapatkan Penanganan Yang Tepat

Dokter yang melakukan konsultasi awal biasanya akan memberikan informasi terapis yang tepat, sesuai dengan kebutuhan anak. Misalnya, anak dengan masalah struktur tulang dan otot biasanya akan dirujuk ke dokter bedah ortopedi.

Mendampingi anak dengan disabilitas fisik memang tidak selalu mudah. Namun, dengan kesabaran, dan pengetahuan yang tepat, orang tua dapat menjadi kekuatan pendorong bagi anak untuk berkembang secara optimal. Ingatlah, jangan ragu untuk mencari bantuan dari tenaga medis dan terapis profesional.

Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE hadir sebagai mitra terpercaya bagi orang tua dalam hal ini. Dengan dokter spesialis, fisioterapis, dan terapis berpengalaman, Klinik RHE siap membantu anak mencapai potensi penuh mereka. Kami menyediakan layanan yang berfokus pada tumbuh kembang anak, yang mencakup konsultasi media, layanan terapi, hingga layanan psikolog.

Untuk itu, silahkan hubungi kami dan dapatkan tindakan yang tepat untuk mendukung anak Anda.

Referensi

How to Care for a Disabled Child, National Health Service UK.

Caring for Children with Disabilities: Mini Parenting Master Class, United Nations Children’s Fund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami