Tak Hanya Kesulitan Membaca, Pahami Apa Itu Gangguan Disleksia

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Secara umum, gangguan disleksia dapat dijelaskan sebagai gangguan dalam proses belajar. Anak yang mengalami disleksia akan menghadapi sejumlah kesulitan dalam pengembangan kemampuan belajar, terutama yang berkaitan dengan huruf, angka, kata, dan kalimat. Penting untuk dicatat bahwa disleksia tidak memiliki kaitan dengan tingkat kecerdasan, anak yang mengalami disleksia bukan berarti bodoh atau kurang cerdas.

Disleksia ternyata tidak hanya sekadar memengaruhi kemampuan anak dalam membaca. Dampaknya meluas ke berbagai aspek, termasuk bahasa, komunikasi, gerak tubuh, kemampuan mengingat, dan bahkan kesehatan fisik anak. Gangguan ini pun memiliki gejala dan beberapa jenis. Bagaimanakah itu? Berikut pembahasannya.

Penyebab, Gejala, dan Jenis Gangguan Disleksia

Disleksia merupakan gangguan pembelajaran yang kompleks, dengan akar penyebab yang belum sepenuhnya dipahami. Genetika, struktur otak, dan lingkungan dapat memainkan peran dalam munculnya disleksia. Gejalanya pun bervariasi, serta jenis-jenisnya juga memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai keragaman kondisi ini. Berikut penjabarannya.

Penyebab Disleksia

Penyebab gangguan disleksia tidak diketahui secara pasti. Kendati demikian, disleksia yang diderita bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor penyebab disleksia adalah keluarga memiliki riwayat pengidap disleksia, kelahiran prematur, berat badan rendah, infeksi papran alkohol, narkoba, dan rokok pada masa kehamilan.

Gejala Disleksia

Gejala disleksia cukup bervariasi dan tidak semua gejala muncul pada seorang anak dengan disleksia. Gejala-gejala tersebut diantaranya:

  • Kesulitan membaca serta lamban dalam mempelajari huruf, kata, dan kalimat.
  • Mengalami perkembangan belajar yang lambat dan sulit berkonsentrasi.
  • Kesulitan berbicara dengan baik, lamban mencapai kemampuan berbicara, dan sering salah dalam mengucapkan kata.
  • Memiliki perkembangan yang lambat dalam berjalan, berbicara, dan merangkak.
  • Koordinasi gerak tubuh buruk, salah satunya kesulitan mengkoordinasikan mata dengan tangan.
  • Memiliki kecenderungan mudah sakit, terserang alergi, eksim, dll.

Jenis-jenis Disleksia

Terdapat 4 jenis gangguan disleksia yang perlu Anda ketahui.

  • Phonological Dyslexia adalah disleksia yang membuat pengidapnya kesulitan membunyikan suara pada huruf yang membentuk kata.
  • Rapid Naming Deficit, disleksia yang membuat pengidapnya tidak mampu menyebutkan huruf dan angka dengan cepat.
  • Double Deficit Dyslexia adalah gangguan yang membuat pengidapnya menderita gangguan kombinasi Phonological dan Rapid Naming Deficit.
  • Surface Dyslexia atau disleksia visual adalah gangguan yang membuat pengidapnya kesulitan memahami sebuah kata setelah melihatnya.

Penting untuk diingat bahwa pemahaman terkait penyebab, gejala, dan jenis disleksia ini adalah langkah awal dalam upaya penanganan yang lebih efektif. Melibatkan dukungan keluarga, guru, dan lingkungan pendidikan akan membantu menciptakan lingkungan yang inklusif bagi individu dengan disleksia.

Proses diagnosis dan penanganan gangguan disleksia sendiri bisa Anda percayakan kepada para ahli di Klinik RHE. Penting untuk tidak menunda pemeriksaan jika muncul berbagai gejala disleksia pada anak Anda. Penanganan yang cepat bisa membantu mengidentifikasi dan mengelola kondisi ini dengan lebih efektif. Namun, jika tidak ditangani secara tepat waktu, dapat berpotensi menimbulkan komplikasi yang berkaitan dengan kesehatan mental anak.

Oleh karena itu, jangan ragu menghubungi Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE jika Anda merasa anak memerlukan evaluasi lebih lanjut.

Referensi

Jurnal Buah Hari, Fakultas Pendidikan Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ciri-ciri Disleksia pada Anak Usia Dini.

Mayo Clinic, Diseases & Conditions. Dyslexia.

Everyday Health, What Is Dyslexia? Symptoms, Causes, Diagnosis, and Treatment.

Stanborough, J. Healthline, Understanding Dyslexia in Kids.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami