Strategi Stimulasi Mengatasi Kecemasan Anak Menjelang Sekolah

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Apakah anak baru pertama kali masuk sekolah tahun ini? Perlu Anda tahu, menghadapi masa menjelang sekolah ini memang penuh dengan berbagai macam perasaan, tak terkecuali bagi anak-anak. Rasa cemas dan khawatir adalah hal yang wajar dirasakan. Kecemasan ini bisa muncul dari berbagai faktor, seperti rasa takut akan lingkungan baru, pertemanan baru, atau tuntutan akademis.

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin membantu anak-anak agar mereka dapat melewati perasaan tersebut ini dengan lebih mudah dan nyaman. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan stimulasi anak yang tepat.

Strategi Stimulasi Mengatasi Kecemasan Anak

Pernahkah Anda melihat anak menunjukkan rasa cemas yang berlebihan saat mendekati hari pertama sekolah? Rasa cemas ini ibarat monster kecil yang ingin mengganggu rasa nyaman mereka. Tapi tenang, ada stimulasi anak yang bisa Anda coba untuk mengatasinya!

1.  Mencoba Melakukan Distraksi

Ketika anak merasa takut masuk sekolah, Anda bisa coba melakukan distraksi untuk mengalihkan perhatiannya sejenak. Tindakan distraksi yang bisa dilakukan bagi anak usia PAUD atau TK misal membawa mainan favorit dari rumah atas izin gurunya, membawa bekal enak, dan lain-lain. 

2.  Memberi Rasa Tenang Kepada Anak

Anak takut masuk sekolah biasanya disebabkan karena belum nyaman menghadapi lingkungan barunya. Anda juga tidak perlu cemas, temani anak berangkat sekolah sambil katakan bahwa akan segera menjemputnya di depan pintu gerbang setelah jam pelajaran sudah selesai. 

3.  Mengajarkan Anak Bersosialisasi

Selain melakukan distraksi, strategi stimulasi anak untuk mengatasi kecemasan masuk sekolah bisa dilakukan dengan mengajarkannya bersosialisasi. Perkenalkan anak dengan teman barunya, kemudian minta bantuan guru untuk mengatasi ketakutannya saat berada di sekolah nantinya.

4.  Berikan Apresiasi Kepada Anak

Apabila anak berhasil mengatasi rasa cemas serta takut saat pertama kali masuk sekolah, Anda bisa memberikan apresiasi. Penghargaan bagi anak yang berhasil melawan dirinya sendiri bisa diberikan dalam bentuk pujian, membelikan mainan baru atau membuat makanan favoritnya. 

5.  Bekerjasama Psikolog Profesional

Selain bekerja sama dengan guru yang bertanggung jawab atas anak selama di sekolah, Anda juga bisa meminta bantuan dari psikolog. Dengan dukungan psikolog profesional, rasa cemas anak dapat lebih mudah diatasi, sehingga mereka merasa lebih nyaman dan siap saat akan masuk sekolah.

Nah, perjalanan  menemani si kecil mengatasi kecemasan menjelang sekolah memang penuh dengan rintangan. Tapi, dengan kesabaran, kasih sayang, dan strategi stimulasi anak yang tepat, Anda telah membantunya membangun rasa percaya diri, kemandirian, dan rasa aman yang mereka butuhkan untuk menghadapi masa sekolah dengan penuh semangat.

Namun, jika Anda merasa si kecil membutuhkan bantuan lebih lanjut,  Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE siap untuk membantu. Dengan pakar psikolog yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional, tim dokter spesialis dan terapis anak, kami menyediakan berbagai layanan untuk membantu anak-anak mencapai potensi optimal mereka. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi saat Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai perkembangan si kecil!

Referensi

Anxiety and Depression in Children, Centers for Disease Control and Prevention.

Anxiety in Children, National Health Service UK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami