Perhatikan Hal Ini Karena Bisa Menghambat Tumbuh Kembang Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Jika berbicara mengenai tumbuh kembang anak, hal ini sangat erat hubungannya dengan faktor kesehatan. Mengingat bahwa anak yang sehat, maka memiliki proses tumbuh dan kembang yang berjalan secara optimal. 

Meskipun sebenarnya proses ini berjalan secara alamiah, akan tetapi keberadaan orang tua atau orang dewasa di sekitarnya tetap memegang peranan penting dalam mendukungnya. Oleh karena itu, para orang tua perlu aktif memperhatikan faktor-faktor yang mungkin menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak mereka untuk memberikan dukungan yang sesuai.

Lalu, factor apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut pembahasannya.

Faktor yang Bisa Menghambat Tumbuh Kembang Anak

Ada 4 faktor yang bisa menghambat perkembangan sang anak. Sebaiknya hal ini diketahui orang tua agar bisa meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Berikut penjelasannya:

1. Gangguan Pertumbuhan Akibat Penyakit

Dari beberapa kasus pertumbuhan anak yang terlalu cepat atau terlalu lambat dapat menjadi indikasi adanya masalah pada kelenjar hormon, seperti kelenjar pituitari. Kelenjar ini berperan dalam menghasilkan hormon pertumbuhan untuk tulang dan jaringan. Gangguan pada keseimbangan hormon ini dapat berdampak negatif pada proses tumbuh kembang anak, sehingga penting untuk mendeteksi dan mengatasi permasalahan tersebut guna memastikan perkembangan anak berjalan secara optimal.

2. Kurang Gizi

Anak yang mengalami kekurangan gizi biasanya memiliki daya tubuh yang lemah, meningkatkan risiko terkena infeksi. Tingkat kematian juga cenderung tinggi, terutama akibat penyakit saluran pernapasan atau diare. Infeksi berulang bisa terjadi karena gangguan pada status nutrisi anak, yang dapat memicu pertumbuhan pendek atau kondisi malnutrisi.

3. Kurang Menjaga Kebersihan 

Perawatan kebersihan diri dan lingkungan sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Melakukan kebiasaan mandi secara teratur dan menjaga kualitas serta kebersihan saat makan dan minum adalah langkah-langkah penting.

4. Perilaku Orang Tua

Ternyata, perilaku orang tua memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan maupun psikologis anak. Faktor utama yang bisa mempengaruhi perilaku anak yaitu perilaku dari kedua orang tuanya. Beberapa perilaku orang tua, seperti memberikan bantuan terlalu cepat atau bersikap terlalu protektif, dapat menjadi hambatan dalam perkembangan anak. 

Nah, faktor-faktor diatas memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan optimal anak, dengan memahaminya, Anda dapat lingkungan yang memungkinkan anak-anak tumbuh dan berkembang dengan potensi penuh mereka.

Untuk memastikan setiap langkah perkembangan si kecil, Klinik Tumbuh Kembang Anak RHEhadir sebagai mitra terpercaya. Dengan dokter spesialis berpengalaman dalam bidang tumbuh kembang anak, kami menawarkan layanan pemantauan tumbuh kembang yang komprehensif dan berfokus pada kebutuhan setiap anak.

Hubungi kami untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait berbagai layanan dan konsultasi lebih lanjut.

Referensi

8 Factors That Influence Child Growth and Development, PediMedicine

Factors That Affect Growth And Development in kids, Smartivity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami