Pentingnya Terapi Wicara dalam Mengatasi Tantangan Komunikasi Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Apa itu terapi wicara? Terapi bicara atau wicara merupakan prosedur yang dilakukan seorang ahli yang disebut terapis untuk mengatasi masalah komunikasi pada individu. Masalah-masalah tersebut meliputi ketidaklancaran berbicara, gangguan artikulasi, ketidakjelasan suara, hingga masalah-masalah yang terkait dengan kosakata dan autisme.

Terapi ini dapat dilakukan ketika sesorang berusia enam bulan, tetapi belum bisa menghasilkan suara vokal atau ketika anak berusia 12 bulan, tetapi belum bisa mengucapkan satu kata sederhana. Penting bagi orang tua untuk memahami bahwa terapi bicara menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi kendala-kendala komunikasi pada anak sejak usia dini.

Pentingnya Terapi Wicara untuk Anak dengan Masalah Komunikasi

Melalui serangkai metode yang dilakukan oleh terapis, terapi ini akan memberikan dua hasil bagi pasien. Pertama, anak dapat menghasilkan suara dan membentuk kata-kata. Kedua, anak akan memiliki pemahaman bahasa dan tahu bagaimana cara mengekspresikannya.

Untuk lebih jelasnya, bagaimana terapi bicara sangat penting bagi anak dengan masalah komunikasi, berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Seperti halnya berjalan, berkomunikasi juga termasuk dalam proses tumbuh kembang anak yang harus dilatih dan dibantu. Anda dapat memanfaatkan terapi ini agar anak lebih lancar bicara dan mengeluarkan suara yang lebih jelas.

2. Membantu Meningkatkan Keterampilan Sosial

Tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan bicara, terapi wicara juga dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak. Mulai dari membangun hubungan interpersonal yang sehat, menyelesaikan konflik dengan baik, dan meningkatkan empati. 

3. Mempelajari Metode Komunikasi Alternatif

Dalam proses terapi, mereka juga akan diajarkan cara berkomunikasi menggunakan gerakan, bahasa isyarat, dan vokalisasi. Dengan begitu, mereka bisa berkomunikasi melalui berbagai media. Gerakan, ekspresi wajah, kontak mata, mengetik, hingga menulis.

4. Membantu Menangani Gangguan Fungsi Kognitif

Melalui terapi wicara, anak yang mengalami gangguan fungsi kognitif juga akan terbantu. Gangguan fungsi kognitif adalah masalah yang menyebabkan anak kesulitan memahami perkataan lawan bicara. Mereka mengalami gangguan berpikir dan tidak mampu mengekspresikan melalui bahasa. 

5. Membantu Menangani Kondisi Anak yang Enggan Berbicara

Anak yang enggan bicara juga menjadi salah satu jenis gangguan komunikasi yang memerlukan penanganan terapi bicara. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh gangguan malu, cemas, dan hilangnya minat anak untuk bersosialisasi dengan orang di sekitarnya.

Jadi, terapi wicara membawa dampak positif yang luar biasa bagi anak-anak yang menghadapi tantangan komunikasi dan gangguan oral motoric lainnya seoerti mengunyah, drulling (mengeces), dsb. Dengan bantuan dokter rehabilitasi dan terapis wicara yang berpengalaman seperti di Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE, anak dapat mengembangkan kemampuan berbicara, pemahaman bahasa, dan keterampilan ekspresi diri, serta perbaikan dalam masalah oral motor.

Bangunan klinik kami didesain secara khusus dengan menyediakan ruang observasi, ruang terapi, dan ruang tunggu yang luas dan nyaman, baik untuk anak-anak maupun pengantar.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan jadwalkan konsultasi dan stimulasi buah hati kita.

Referensi

Speech Therapy, Autism Speaks.

Benefits of Speech Therapy for Autism, WebMD.

The Benefits of Speech Therapy in Your Child’s Development, Pedia Plex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami