Pentingnya Terapi Sensori Integrasi untuk Anak Disabilitas Sensorik

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Ada 4 jenis disabilitas, salah satunya adalah disabilitas sensorik. Jenis disabilitas yang satu ini berkaitan dengan gangguan salah satu fungsi panca indera. Disabilitas wicara, rungu, dan netra merupakan beberapa contoh disabilitas ini.

Penglihatan, pendengaran, sentuhan, rasa, dan bau membantu mereka belajar dan berkembang. Namun, bagi anak-anak dengan disabilitas ini, informasi sensorik tersebut bisa menjadi membingungkan dan melemahkan. Di sinilah terapi sensori integrasi berperan penting.

Terapi Sensori Integrasi untuk Anak Disabilitas Sensorik

Sensori integrasi merupakan kemampuan otak dan tubuh untuk mengenali, memproses, serta mengatur informasi indrawi atau sensori melalui gerakan, sentuhan, penglihatan, bau, suara, tarikan gravitasi, rasa, dan sebagainya.

Sensori integrasi akan berkembang seraya anak mengalami berbagai perkembangan. Tapi, pada sebagian anak, masalah atau gangguan tertentu menghambat perkembangan tersebut. Terapi sensori integrasi akan sangat membantu perkembangan anak. Berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Mengembangkan Respon

Terapi sensori integrasi pada anak dengan disabilitas sensorik bisa membantu memperbaiki serta mengembangkan respons yang spontan dan tepat terhadap pengalaman lingkungan. Hasilnya, fungsinya dalam berbagai kegiatan sehari-hari bisa meningkat.

2. Mendukung Perkembangan Anak

Terapi sensori integrasi juga bisa mendukung perkembangan emosional, sosial, dan fisik anak. Dengan terapi sensori integrasi, anak bisa mengembangkan perhatian, perilaku, partisipasi sosial, dan koordinasinya sehingga kualitas hidup di komunitas yang luas akan ditingkatkan.

Pelaksanaan Terapi Sensori Integrasi

Terapi sensori integrasi perlu dilakukan oleh terapis. Proses pelaksanaan terapi ini akan bergantung pada hasil assesment yang dilakukan sebelumnya. Assesment perlu dilakukan karena kebutuhan anak dengan disabilitas sensorik bisa berbeda-beda, tergantung masalah sensori yang dialami.

Inti dilakukannya terapi ini adalah untuk melatih setiap anak merespons dan mengolah stimulasi indrawi dengan tepat, melalui berbagai latihan dan aktivitas fisik secara berkala. Metode yang digunakan bisa bervariasi, yang terpenting, terapi harus dilakukan dalam suasana yang menyenangkan.

Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE berkomitmen untuk memberikan layanan terapi yang berkualitas untuk membantu anak disabilitas sensorik mencapai potensi secara maximal.

Tim terapis berpengalaman kami memiliki keahlian dan sertifikasi khusus dalam menangani berbagai macam keterlambatan dan gangguan perkembangan pada anak, seperti keterlambatan bicara, gangguan belajar, gangguan pemrosesan sensori dan kesulitan motorik halus dan kasar. Kami juga menyediakan layanan skrining dan evaluasi untuk membantu orang tua memahami kebutuhan anak dengan lebih baik. 

Hubungi kami hari ini untuk menjadwalkan konsultasi.

Referensi

Sensory Integration Therapies for Children with Developmental and Behavioral Disorders, American Academy of Pediatrics.

Sensory Integration, National Library of Medicine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami