Pentingnya PR dalam Program Behaviour Therapy untuk Anak ASD

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Behaviour therapy atau terapi perilaku merupakan suatu pendekatan pengobatan yang berfokus pada upaya untuk mengubah perilaku, perasaan negatif, dan pikiran. Dalam lingkup ini, terapi perilaku mencakup berbagai metode, seperti terapi kognitif, dialektikal, dan commitment therapy (ACT). 

Tujuan utama dari terapi perilaku adalah mengidentifikasi perilaku destruktif atau yang dapat menyakiti diri sendiri, kemudian mencari solusi untuk mengubah perilaku tersebut. Terapi ini diterapkan pada mereka yang menderita masalah kesehatan mental, termasuk penderita ASD atau autistic spectrum disorder alias autisme.

Lalu, apa hubungannya dengan PR atau pekerjaan rumah yang dinilai penting dalam terapi ini bagi anak ASD?

Alasan Kenapa PR pada Behaviour Therapy Anak ASD Itu Penting

Terapi perilaku tentu dilakukan oleh therapist atau ahli di bidang ASD, termasuk dokter atau psikolog. Pada anak ASD, terapi dilakukan juga oleh orang tua anak. Umumnya, psikolog akan memberikan PR atau pekerjaan rumah sebagai keberlanjutan dari terapi yang dilakukan.

Sebagai orang tua, Anda pasti penasaran kenapa therapist memberikan PR kepada orang tua dari anak ASD. Berikut adalah 2 alasan kenapa melibatkan PR pada behaviour therapy untuk anak ASD penting.

1. Menambah Durasi Terapi

Terapi perilaku yang lakukan pada anak ASD biasanya bersifat jangka panjang. Terapi tersebut harus dilakukan dari 1 sampai 3 tahun dengan waktu terapi 25 sampai 40 menit per hari. Tentu saja, therapist tidak mampu menyelesaikannya dalam satu sesi di klinik atau di rumah sakit dimana terapi tersebut dilakukan.

Untuk menyukseskan terapi, maka diberilah PR tersebut kepada orang tua. Tujuannya adalah menambah durasi terapi dan membuat hasil terapi menjadi lebih baik. Pemberian PR tentu tidak diterapkan pada semua jenis terapi perilaku. Jika itu diterapkan, maka orang tua dan anak ASD wajib melakukannya.

2. Menambah Interaksi

Manfaat dari PR pada terapi perilaku tidak melulu soal PR dan terapinya, tetapi juga interaksi orang tua dengan anak. PR yang diberikan adalah kesempatan bagi orang tua untuk bisa berinteraksi dengan anak, terlebih jika orang tua sibuk bekerja. Maka dengan adanya PR ini menjadi kesempatan saatnya memberikan perhatian dan berkomunikasi dengan anak.

Nah, kini kita sebagai orang tua sudah paham bukan bahwa melibatkan PR membantu dalam proses behaviour therapy dan menawarkan solusi untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak ASD. Oleh karena itu, kolaborasi yang baik antara orang tua, terapis, dan anak-anak ASD sangat penting dalam mencapai perubahan positif dalam perilaku dan kesejahteraan anak.

Pemberian PR dan waktu terapi yang memadai untuk anak ASD tentu memerlukan komitmen waktu yang cukup, kesadaran, dan kesabaran dari orang tua. 

Memahami bahwa proses behaviour therapy memerlukan keterlibatan aktif, psikolog bersertifikat internasional dari Klinik tumbuh kembang anak RHE siap membantu Anda mengorganisir dan melaksanakan terapi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan berfokus pada kebutuhan individu, psikolog kami bekerja bersama dengan orang tua untuk merancang program terapi yang efektif. Kami memahami bahwa setiap anak memiliki karakteristik dan tantangan unik, untuk itu, penyesuaian yang tepat dalam program terapi menjadi kunci keberhasilan.

Hubungi Klinik RHE segera untuk bimbingan dan pendampingan terbaik dalam mendukung perkembangan optimal anak Anda.

Referensi

AUTISM SPEAKS, Applied Behavior Analysis (ABA)

healtline, Behavior Teraphy

TERDAL, Paul. Evidence for Effectiveness of ABA as a Treatment for Autism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami