Pentingnya Aktivitas Kreatif dalam Perkembangan Motorik Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Masa kanak-kanak merupakan periode penting dalam perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak. Di antara berbagai aspek perkembangan tersebut, perkembangan motorik memegang peranan penting dalam menunjang kemampuan anak untuk bergerak, beraktivitas, dan belajar.

Bermain dan aktivitas kreatif merupakan dua elemen penting yang mendukung berkembangkangnya motorik anak secara optimal. Pengasahan keterampilan motorik bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana selain bermain, yakni berjalan, berlari, dan menulis. Apabila aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, anak akan merasakan berbagai manfaat terkait keterampilan motoriknya.

Baca juga: Pentingnya Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Pada Anak

Manfaat Permainan dan Aktivitas Kreatif untuk Menunjang Perkembangan Motorik

Pengasahan kemampuan motorik melalui permainan dan aktivitas kreatif sangat dianjurkan karena hal ini terbukti memberikan kontribusi yang signifikan pada anak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melatih Daya Tangkap

Aktivitas bermain dapat menjadi sarana yang tepat untuk perkembangan motorik dalam melatih daya tangkap anak. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan anak pada berbagai macam watak, tokoh, hingga alur cerita. Anda bisa meminta mereka berperan menjadi tokoh kartun favoritnya atau karakter yang mereka sukai.

2. Melatih Berkomunikasi

Secara tidak langsung, aktivitas bermain juga melatih mereka berkomunikasi. Mereka dituntut berbicara, menanggapi lawan bicara, dan menciptakan kalimat-kalimat sederhana. Anda bisa masuk ke dalam alur cerita dan memancing mereka untuk berbicara.

3. Mengembangkan Inteligensi

Permainan peran atau aktivitas lain yang menuntut pemecahan solusi di dalamnya pun akan melatih inteligensi atau daya reaksi yang dimiliki anak. Di samping itu, hal ini dapat melatih kesiapan dan kemampuan mereka dalam memerankan cerita.

4. Mengembangkan Imajinasi

Imajinasi tentu berperan aktif selama proses bermain. Terlebih anak-anak sedang memainkan karakter atau tokoh favoritnya dan masuk ke dalam alur cerita. Mereka akan berimajinasi sesuai dengan isi cerita dan mengembangkan ide-ide kreatifnya. 

5. Mengembangkan Sikap Mandiri

Tidak hanya terkait intelegensi, jika diasah terus menerus perkembangan motorik juga akan mengembangkan sikap mandiri seorang anak. Orang tua hanya perlu mengarahkan dan mengawasi usaha mereka, seperti membiasakan anak makan sendiri dan mengancingkan baju sendiri.

Nah, memahami pentingnya bermain dan aktivitas kreatif, sebagai orang tua, Anda bisa menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak untuk berkembang optimal. Ingatlah, setiap anak memiliki perkembangan yang unik, sehingga penting untuk memonitor dan mendukung kemajuan mereka dengan cara yang tepat dan sesuai.

Namun, kembali lagi, tidak semua anak memiliki kesempatan untuk bermain dan beraktivitas kreatif secara optimal karena kesibukan orang tua, keterbatasan ruang bermain, dan kurangnya pengetahuan tentang permainan edukatif dapat menghambat perkembangan motorik anak.

Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE dengan tim dokter, psikolog dan terapis profesional akan membantu Anda dan anak mendapatkan informasi dan panduan tentang permainan dan aktivitas kreatif yang tepat sesuai dengan usia, karakter dan tahap perkembangan anak. Kami juga menyediakan berbagai program terapi dan stimulasi yang dirancang untuk membantu anak dengan keterlambatan atau hambatan perkembangan motorik.

Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut. Kami berkomitmen akan memberikan layanan  terbaik.

Referensi

Bermain Kreatif, EduChannel Indonesia.

Improving Motor Skills in Early Childhood through Goal-Oriented Play Activity, National Library of Medicine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami