Mengenali Tanda Awal Autism Spectrum Disorder(ASD) pada Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan kelainan fungsi saraf dan otak yang memengaruhi proses berpikir seseorang. Kelainan ini bersifat kompleks dan bisa berdampak pada berbagai aspek, mulai dari kemampuan komunikasi hingga tingkat kecerdasan. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut ASD adalah autis atau autisme.

ASD bersifat melekat seumur hidup. Namun, terdapat upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemampuan adaptasi individu ASD dalam kehidupan sehari-hari. Identifikasi dini terhadap autisme pada anak menjadi kunci penting dalam memberikan dukungan yang tepat. Untuk itu, Anda perlu mengetahui gejala atau tanda-tandanya.

Tanda-tanda Autism Spectrum Disorder pada Anak

Sebagai orang tua atau calon orang tua, pemahaman terhadap gejala ASD sangat penting untuk kemudian mencari pertolongan terbaik. Gejala autisme yang bisa diidentifikasi pada anak bervariasi, berikut penjelasannya.

1. Kendala Komunikasi

Kendala komunikasi termasuk kesulitan berinteraksi dengan orang lain adalah tanda Autism Spectrum Disorder yang mudah diidentifikasi. Anak tidak memiliki ketertarikan yang umum untuk melakukan komunikasi, kadang hanya menatap lawan bicara, kemudian berpaling menghindari tatapan. Mereka lebih nyaman bermain sendiri.

2. Kecerdasan di Bawah Rata-rata

Pengidap ASD kesulitan memahami atau menyerap suatu informasi. Individu ASD juga kesulitan memahami perasaan dan pikiran orang lain. Tanda ini tidak dialami oleh semua semua individu autisme. Menariknya, ada juga individu ASD yang memiliki kecerdasaan rata-rata bahkan di atas rata-rata.

3. Mengulang Aktivitas yang Sama

Tanda Autism Spectrum Disorder pada anak selanjutnya adalah kecenderungan mereka untuk mengulang satu aktivitas berulang kali. Sebagai contoh, anak yang mengidap ASD mungkin sering membuka pintu berulang kali atau melakukan aktivitas lainnya lebih dari satu kali. Perilaku ini dapat diartikan sebagai cara mereka merasa nyaman atau sebagai upaya untuk mengurangi rasa cemas.

4. Mudah Cemas dan Stres

Individu ASD kerap kali berada di banyak situasi yang membuatnya menjadi cemas bahkan sampai stres. Mereka umumnya tidak nyaman pada beberapa situasi dan kondisi, contohnya lampu yang terang, suara yang keras, berada di tempat atau situasi asing, bertemu dengan orang baru, dan berada di keramaian.

Itulah tanda-tanda awal autisme pada anak. Pengenalan dan pemahaman terhadap gejala-gejala ini sangat penting bagi orang tua, pendidik, dan pihak yang terlibat dalam perawatan anak. Dengan demikian, kita bisa lebih cepat mengidentifikasi kebutuhan anak yang mungkin mengidap Autism Spectrum Disorder dan memberikan dukungan terbaik guna memfasilitasi perkembangan mereka dengan optimal.

Tanda-tanda ASD bisa diidentifikasi sedini mungkin, mulai usia 18 bulan bahkan sebelumnya. Apabila Anda mengamati adanya gejala tersebut pada anak, segera ambil langkah tindakan. Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE siap memberikan bantuan profesional dengan penanganan yang cepat dan tepat untuk mendukung perkembangan anak ASD.

Penanganan sesegera mungkin dengan ahlinya adalah jalan keluar terbaik. Silahkan hubungi Klinik RHE untuk mendapatkan bantuan dan pelayanan terbaik demi tumbuh kembang anak.

Referensi:

National Health Service UK. What is autism?

U.S. National Institute of Mental Health. Autism Spectrum Disorder

Paediatric and Perinatal Epidemiology. Prenatal alcohol exposure in relation to autism spectrum disorder: Findings from the Study to Explore Early Development (SEED)