Mengapa Penanganan Dini Sangat Penting untuk Anak Autisme?

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Autisme pada anak dapat didiagnosis sedini mungkin pada usia kurang dari dua tahun. Mendapatkan bantuan dari ahli yang tepat akan mempermudah dan meningkatkan akurasi deteksi autisme. Pasca deteksi, Anda bisa langsung menyiapkan perencanaan dan penanganan autisme pada anak sesegera mungkin.

Pendekatan yang dilakukan sejak dini ini akan memberikan dampak positif untuk pengembangan serta penanganan anak ASD (Autism Spectrum Disorder) di masa depan. Manfaat jangka panjang akan dirasakan anak dan orang tua apabila autisme diintervensi setelah hasil diagnosis kepastian autisme dirilis. Apa saja manfaatnya itu? Berikut pembahasannya.

3 Manfaat Besar yang akan Didapatkan dari Penanganan Autisme sejak Dini

Kesuksesan penanganan dini anak pengidap autisme akan membuat mereka mampu bertahan dan bersaing dengan orang-orang normal. Berikut adalah alasan kenapa penanganan dini autisme pada anak itu sangat penting.

1. Menemukan Terapi yang Tepat

Terapi untuk menangani anak ASD beragam dan tidak semuanya pas untuk anak Anda. Deteksi dini autisme akan memudahkan Anda dan ahli menerapkan terapi yang tepat. Anak yang terdeteksi autisme sejak dini akan menikmati manfaat besar dari pengoptimalan masa pengembangan dan fungsi otak sejak dini.

Pada masa itu, otak berkembang dengan cepat sehingga memudahkan terapi autisme untuk menghasilkan hasil yang positif. Manfaat yang akan didapatkan dari penanganan autisme dini dan terapi yang tepat adalah meningkatnya kemampuan komunikasi (berbicara), kemandirian, kecerdasan, dan keterampilan sosial.

2. Membiasakan Diri

Deteksi dan penanganan awal pada anak autisme akan membuat orang tua mampu membiasakan dan mengkondisikan diri sejak dini. Hal tersebut akan berdampak pada pengembangan mental yang tepat ketika menghadapi anak. Strategi, rencana, pengalaman, dan mental kuat akan terbentuk untuk menghadapi banyak ujian.

3. Kesuksesan Akademik

Selain manfaat berupa meningkatnya kemampuan menyesuaikan diri dan menangani masalah internal, penanganan autisme sejak awal akan berdampak positif pada prestasi akademik anak. Intervensi awal membuat anak ASD bisa bergabung dengan kelas dan sekolah umum sehingga berdampak positif di dunia kerja.

Selain deteksi dini, pemilihan terapi yang tepat juga bisa langsung diterapkan. Terapi Applied Behaviour Analysis (ABA) adalah salah satu terapi penanganan autisme sejak dini yang bisa dipilih orang tua. Untuk itu, Anda bisa meminta bantuan dokter spesialis dan psikolog di Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE.

Kami menyediakan berbagai program terapi dan psikologi yang disesuaikan dengan kebutuhan individu setiap anak, termasuk terapi Applied Behaviour Analysis yang terkenal efektif untuk anak-anak dengan gangguan spektrum autis (ASD).

Mendeteksi perkembangan anak sejak dini adalah kunci untuk kesehatan dan kesuksesan masa depan anak, serta akan lebih memudahkan orang tua dalam pengasuhan anak. Mari bersama-sama memastikan anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik.

Referensi

AEIOU FOUNDATION. Why is early intervention important?

Lukas, L. Why is early intervention for autism so important? Lighthouse Autism Center

FRANK PORTER GRAHAM CHILD DEVELOPMENT INSTITUTE. Importance of Early Identification

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami