Mengapa Bayi Kembar Sering Terlambat Mulai Bicara?

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Banyak studi menyatakan bahwa bayi kembar memang memiliki probabilitas untuk menunjukkan kemampuan berbicara yang tidak secepat atau seselancar bayi pada umumnya. Fase terlambat bicara pada bayi kembar merupakan kondisi yang umum terjadi. Untungnya, hal tersebut tidak bersifat permanen hingga dewasa.

Mengenai penyebab mengapa bayi kembar sering mengalami keterlambatan berbicara, tidak ada jawaban atau penyebab pasti. Para peneliti menemukan kesimpulan yang berbeda-beda mengenai penyebab kondisi tersebut. Namun, apapun penyebabnya, bayi kembar yang mengalami keterlambatan berbicara perlu ditangani dengan baik dan secara serius.

Bagaimana cara mengatasinya? Anda sebagai orang tua, yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Bayi Kembar yang Terlambat Bicara

Terdapat 2 kemungkinan yang membuat bayi kembar lambat mulai berbicara. Kemungkinan pertama adalah bayi kembar tidak mendapatkan perhatian dan edukasi penuh dari orang tua karena konsentrasi orang tua terbagi. Akibatnya, kemampuan mereka dalam berbicara tidak sebaik bayi yang tidak kembar.

Kemungkinan kedua adalah kelahiran prematur dan berat badan rendah pada bayi kembar. Umumnya, bayi kembar identik memiliki kemungkinan mengalami kondisi lambat mulai berbicara ketimbang bayi kembar fraternal. Nah, penanganan mandiri dari orang tua seperti berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasi masalah terlambat bicara tersebut.

1. Imitasi Vokal Mereka

Imitasi cara mereka berbicara atau berucap, termasuk ekspresi wajah anak dan sebutkan nama mereka sesering mungkin. Gunakan bahasa yang sederhana dan ucapkan nama benda atau objek ketika mereka menunjuk atau menampilkan gestur benda tersebut. Gunakan bahasa yang spesifik pada setiap individu.

2. Latih Anak Kembar Bergiliran

Latih secara bergiliran untuk mengoptimalkan pengembangan kemampuan mereka. Manfaatkan kesempatan untuk memberikan perhatian penuh pada satu anak pada waktu tertentu, sehingga memudahkan pengembangan kemampuan berbicara. Jika kedua orang tua hadir dalam kesempatan yang sama, ayah dan ibu dapat melatih kedua anak secara bersamaan, namun terpisah.

3. Membaca Bersama

Cara mengatasi terlambat bicara pada bayi kembar terakhir adalah dengan melakukan aktivitas membaca bersama menggunakan buku berukuran besar yang menampilkan gambar. Saat membaca, berkomunikasilah dengan mereka dan seringlah bertanya untuk merangsang reaksi mereka. Tanyakan nama objek atau benda yang muncul di buku. Selalu ikuti keinginan mereka dan hentikan kegiatan jika terlihat bosan atau lelah.

Itu dia tiga metode yang dapat Anda terapkan jika bayi kembar Anda mengalami ke terlambat bicara. Untuk penanganan yang lebih optimal, Anda bisa menghubungi Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE. Selain stimulasi mandiri, Anda juga dapat mempertimbangkan menyertakan anak dalam program terapi wicara di Klinik RHE. Program terapi kami dirancang khusus untuk membantu merangsang perkembangan kemampuan berbicara pada anak, dengan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan individu mereka.

Jangan ragu untuk menghubungi kami dan temukan solusi terbaik untuk perkembangan buah hati Anda.

Referensi

Journal of Speech, Language, and Hearing Research, Late language emergence in 24-month-old twins: Heritable and increased risk for late language emergence in twins.

Speech Language Pathologist, Speech Development Tips for Twins with Speech Delay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami