Manfaat Terapi Sensorik untuk Kesiapan Sekolah Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Memasuki usia sekolah menjadi babak baru bagi anak. Di fase ini, mereka akan dihadapkan pada berbagai tuntutan baru, baik secara akademis maupun sosial. Untuk itu, kesiapan anak dalam berbagai aspek, termasuk fisik, mental, dan emosional, menjadi sangat penting. Nah, ada satu cara untuk membantu anak mempersiapkan sekolah adalah dengan memberikan terapi sensorik.

Terapi ini melibatkan berbagai aktivitas yang menstimulasi sistem sensorik anak, seperti sistem taktil, proprioceptif, dan vestibular. Memang apa manfaat melatih ketajaman sensorik anak?

Manfaat Terapi Sensorik untuk Anak Bersiap Sekolah

Bagi orang dewasa, sensori play memang terkadang dianggap sebagai kegiatan sepele. Padahal anak-anak sangat membutuhkannya untuk menunjang kesiapannya masuk sekolah. Mengapa? 

1.  Bisa Membantu Kemampuan Berkomunikasi

Latihan sensorik termasuk sejumlah kegiatan yang bisa memberikan stimulasi pancaindra anak mulai dari penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan pengecap. Dengan latihan efektif, anak akan terdorong melakukan komunikasi bahasa bersama orang tua, guru, dan temannya. 

2.  Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif

Mungkin belum banyak orang tua paham bahwasannya latihan sensorik bisa merangsang otak anak untuk berfikir lebih dalam menyelesaikan masalah. Berbagai aktivitas sensori play memicu rasa ingin tahunya mendapatkan jawaban paling tepat atas pertanyaan yang diajukan orang lain. 

3.  Membantu Anak Belajar Fokus

Saat melakukan terapi sensorik, anak diajarkan untuk membangun informasi dalam otaknya. Hal ini akan berdampak positif apabila dilakukan secara rutin khususnya dalam mengelola fokus. Nah, latihan ini juga bisa mengajarkan anak membedakan informasi yang benar atau salah. 

4.  Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar dan Halus

Aktivitas sensorik biasanya akan melibatkan kemampuan koordinasi antara motorik halus anak dan otot kecil. Misal Anda mengajaknya melakukan kegiatan meremas, menuang, menjepit, dan lain sebagainya akan sangat berguna saat anak sudah memasuki dunia sekolah nantinya. 

5.  Meningkatkan Kemampuan Menulis

Terapi sensorik ternyata bisa mempengaruhi kemampuan anak dalam menulis lho. Aktivitas mulai dari memegang benda akan membuatnya terbiasa dalam memegang pulpen atau pensil. Setelah itu Anda bisa mengajarkannya practical life skill lainnya untuk meningkatkan keterampilan anak. 

Selain berbagai manfaat positif diatas, ada lagi nih Mom and Dad, manfaat dari terapi sensori yaitu membantu koordinasi antara mata dan tangan (brain stimulant/stimulasi otak menjadi lebih optimal), menghasilkan tulisan yang lebih jelas, menguatkan otot lengan, serta manfaat lainnya.

Nah, dari berbagai manfaat yang ada, bisa disimpulkan bahwa terapi sensorik bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk membantu anak sukses di sekolah.

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mengikuti sesi terapi sensori untuk anak Anda, jangan ragu untuk menghubungi dan konsultasi di Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE!

Referensi 

Sensory Play: 20 Great Activities for Your Toddler or Preschooler, Pelly, J. Healthline.

Exploring the Benefits of Sensory Play for Children, Only About Children.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami