Manfaat Luar Biasa Terapi Sensori Integrasi untuk Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Pernah dengar tentang terapi sensori integrasi sebelumnya? Terapi satu ini cukup trend karena dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Biasanya dalam dunia medis biasa dikenal dengan “Terapi Okupasi” ini dirancang khusus untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam memproses informasi sensoris. 

Terlebih lagi, di tengah hiruk pikuk perkembangan zaman, orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati mereka. Salah satu kunci utama dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah dengan memastikan mereka mendapatkan stimulasi yang tepat. Dan dengan adanya terapi okupasi ini, anak-anak akan terbantu dalam merespon cahaya, bau, suara, sentuhan, dan berbagai stimulasi tanggap lainnya dengan lebih baik.

Manfaat Luar Biasa Terapi Sensori Integrasi Bagi Anak

Jika anak-anak mengalami gangguan interaksi sosial atau tidak fokus belajar, Anda bisa membawanya ke dokter spesialis untuk melakukan terapi sensori. Ada manfaat luar biasa melakukan terapi sensori bagi tumbuh kembang anak, oleh sebab itu orang tua tidak bisa menganggapnya tidak penting. 

Apa saja manfaatnya itu?

1.  Mengatasi Gangguan Proses Sensori

Cara melatih sensori integrasi tidaklah mudah, oleh sebab itu Anda membutuhkan dokter ahli untuk melakukannya. Dalam beberapa penelitian menunjukkan, terapi sensori integrasi bisa mengatasi gangguan tumbuh kembang anak seperti retardasi mental, autisme, dan gangguan sensori. 

Terapi ini bisa membantu mengoptimalkan sensori serta respon motorik, sehingga perlahan-lahan anak lebih fokus dalam menyelesaikan tugasnya. Perkembangan anak dari segi interaksi sosial maupun belajar tentu jauh lebih baik dibandingkan kondisi sebelumnya.

2.  Mengembangkan Respon Lebih Optimal

Mungkin banyak orang tua belum mengetahui bahwa terapi okupasi bisa memperbaiki dan membuat respon tanggap anak lebih optimal dari sebelumnya. Perlahan mereka akan terlatih lebih perhatian, mampu berkoordinasi, dan memperbaiki kualitas hidupnya dalam bermasyarakat. 

Terkadang banyak anak juga mengalami ketidaknyamanan saat bertemu dengan banyak orang, Anda bisa menggunakan metode terapi ini untuk mengatasinya. Dengan latihan tertentu, keterampilan sosial serta rasa percaya diri anak perlahan membaik saat bertemu banyak orang.

3.  Efektif Bagi Tumbuh Kembang Anak

Dalam menerapkan terapi sensori integrasi biasanya dokter akan memberikan pola permainan tertentu guna melatih sensori anak lebih stabil. Permainan edukatif bisa membentuk pola karakter anak yang sebelumnya cenderung menyimpang menjadi perlahan normal sesuai harapan orang tua. 

Dalam prakteknya sendiri, dokter juga akan mengajak anak-anak bermain menggunakan media air kolam renang atau terapi sensori akuatik. Latihan ini sangat bagus dalam melatih keseimbangan, oleh sebab itu anak bisa lebih fokus belajar khususnya menyelesaikan tugasnya dengan baik.  

Nah, terapi sensori integrasi kini terbukti memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, baik dalam hal perkembangan fisik, mental, maupun sosial. Terapi ini dapat membantu anak-anak dengan berbagai macam kesulitan, seperti gangguan sensori integrasi (SPD), autisme, ADHD, cerebral palsy, dan down syndrome.

Untuk itu, jika anak mengalami kesulitan dalam memproses informasi sensoris, konsultasikan dengan dokter yang ahli dalam tumbuh kembang anak untuk mendapatkan rekomendasi terapi yang tepat. Dan Anda tidak perlu risau karena Klinik Tumbuh  KembangAnak  RHE memiliki tim dokter tumbuh kembang anak dan layanan terapi sensori untuk anak.

Berbagai fasilitas dan peralatan yang lengkap kami sediakan untuk mendukung proses terapi. Kami juga selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan orang tua dan memberikan informasi yang jelas tentang kemajuan terapi anak Anda.

Jangan tunda lagi, jadwalkan konsultasi segera guna mencapai potensi terbaiknya!

Referensi

Sensory integration therapy, Raising Children Network (Australia).

Sensory Integration Therapies for Children With Developmental and Behavioral Disorders, American Academy of Pediatrics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami