Kapan Waktu yang Tepat Konsultasi Tumbuh Kembang Anak?

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Sebagai orang tua, Anda pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati, termasuk dalam hal tumbuh kembang mereka. Melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan pesat, tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Namun, di balik momen-momen indah tersebut, terkadang muncul rasa khawatir dan kebingungan. 

Apakah perkembangan si kecil sesuai usianya? Bagaimana cara terbaik untuk menunjang tumbuh kembangnya? Kapan waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini?

Waktu yang Tepat untuk Konsultasi Tumbuh Kembang Anak

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melakukan konsultasi terkait pertumbuhan dan perkembangan anak? Konsultasi atau screening paling baik dimulai sebelum usia mereka mencapai 1 tahun, tetapi Anda juga dapat berkonsultasi ketika anak berusia 3 hingga 60 bulan. 

Saat ini, sudah banyak layanan kesehatan atau klinik yang menawarkan screening untuk tumbuh kembang anak. Orang tua akan diberikan buku sebagai dokumentasi pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan begitu, pemeriksaan dapat berjalan lebih mudah dan tepat meskipun berganti dokter.

Baca juga: Mengapa Konsultasi Tumbuh Kembang Penting untuk Anak

Aspek Screening Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Dalam proses screening pertumbuhan dan perkembangan, terdapat berbagai alat profesional yang digunakan. Tergantung bidang tenaga kesehatan profesional yang sedang bertugas. Para ahli akan melakukan wawancara dengan orang tua dan memeriksa beberapa aspek sebagai berikut.

1. Fisik

Salah satunya adalah aspek fisik yang meliputi berat badan, tinggi badan, hingga lingkar kepala. Melalui pemeriksaan ini, orang tua bisa mengetahui bahwa anak-anak tumbuh normal sesuai dengan anak-anak seusia mereka. Dokter akan menyarankan pemberian vitamin apabila hal itu dibutuhkan.

2. Motorik Kasar dan Halus

Proses screening ini juga mencakup pemeriksaan motorik kasar, seperti berjalan dan berlari serta motorik halus, seperti menggenggam dan menulis. Aspek inilah yang akan memastikan bahwa mereka memiliki kemampuan motorik yang baik.

3. Berbahasa dan Kognitif

Pemeriksaan tumbuh kembang anak pada aspek ini meliputi evaluasi pemahaman bahasa, kemampuan bicara, perkembangan kosakata, hingga kemampuan memecahkan masalah. Melalui proses ini, orang tua dapat mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi bahasa dan kognitif anak-anak.

4. Emosi dan Psikososial 

Aspek terakhir adalah emosi dan psikososial. Para ahli akan menilai interaksi sosial, pengenalan emosi, hingga perkembangan perilaku adaptif yang dimiliki anak-anak. Aspek ini tidak hanya akan memahamkan Anda terhadap kondisi mental anak, tetapi juga mengetahui cara penanganan terbaik.

Nah, jangan biarkan pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk konsultasi tumbuh kembang anak menggantung tanpa jawaban. Ambil langkah tepat untuk masa depan cerah anak Anda.

Kunjungi Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE untuk mendapatkan panduan ahli dan perawatan terbaik sesuai kebutuhan anak Anda. Kami menawarkan berbagai layanan komprehensif, mulai dari konsultasi tumbuh kembang, tes perkembangan, hingga terapi yang disesuaikan dengan kebutuhan anak Anda.

Jangan ragu untuk berkunjung ke Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE sekarang!

Referensi

Developmental Monitoring and Screening, Centers for Disease Control and Prevention.

Developmental Screening, Paul H. Brookes Publishing Co., Inc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami