Gejala Autisme pada Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Autisme adalah sebuah spektrum gangguan perkembangan yang mempengaruhi kemampuan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku pada anak-anak. Gejala-gejala autisme pada anak dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dan manifestasinya, namun ada beberapa tanda umum yang dapat dikenali. Mengenali gejala-gejala ini dengan cepat adalah penting agar anak dapat menerima diagnosis dan perawatan yang tepat sesegera mungkin.

Salah satu gejala utama autisme pada anak adalah kesulitan dalam berinteraksi sosial. Anak-anak dengan autisme mungkin menunjukkan keterbatasan dalam bermain bersama teman sebaya, kesulitan dalam membentuk hubungan emosional yang mendalam, dan kurangnya minat dalam berbagi minat atau prestasi dengan orang lain. Mereka mungkin juga memiliki masalah dalam memahami dan menggunakan bahasa sosial, seperti memahami ekspresi wajah atau bahasa tubuh.

 

 

Keterbatasan komunikasi adalah ciri khas lain dari autisme. Anak-anak dengan autisme mungkin mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa dan kesulitan dalam berbicara. Beberapa anak mungkin tidak dapat berbicara sama sekali, sementara yang lain dapat memiliki kosakata yang terbatas atau mengulang kata atau frasa secara berulang-ulang. Mereka juga dapat mengalami kesulitan dalam memahami instruksi atau pertanyaan, serta kesulitan dalam memperoleh kemampuan membaca dan menulis.

Selain itu, anak-anak dengan autisme sering menunjukkan perilaku yang berulang-ulang atau stereotipik. Ini dapat termasuk gerakan tubuh yang berulang, seperti menggoyangkan tubuh atau melambaikan tangan, minat yang sangat mendalam pada objek tertentu, atau kebiasaan yang kaku dan tidak fleksibel dalam rutinitas sehari-hari. Mereka mungkin juga sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan atau stimuli sensorik tertentu, seperti suara keras atau cahaya terang.

Beberapa anak dengan autisme juga dapat mengalami tantangan dalam mengelola emosi mereka. Mereka mungkin cenderung merasa cemas, gelisah, atau stres dengan cepat. Perubahan kecil dalam rutinitas atau situasi yang tidak terduga dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau kecemasan yang berlebihan pada mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami