Deteksi Dini dan Intervensi untuk Anak dengan Gangguan Disleksia

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Disleksia, sebuah istilah yang mungkin masih asing bagi sebagian orang, merupakan suatu gangguan belajar yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis. Anak-anak dengan gangguan disleksia umumnya mengalami kesulitan dalam membedakan huruf, memahami bunyi huruf, dan menggabungkan huruf menjadi kata. Hal ini dapat berakibat pada prestasi belajar yang rendah dan rasa frustasi bagi anak.

Namun, kabar baiknya adalah disleksia dapat dideteksi dan diintervensi sejak dini. Deteksi dini dan intervensi yang tepat dapat membantu anak-anak dengan disleksia untuk belajar membaca dan menulis dengan lebih efektif, serta meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi mereka untuk belajar.

Baca juga: Terungkap! Fakta Menarik Seputar Gangguan Disleksia yang Harus Anda Tahu

Deteksi Dini dan Intervensi Gangguan Disleksia

Di bagian ini, akan dibahas lebih detail tentang metode deteksi dini, dan berbagai intervensi yang tersedia untuk membantu anak-anak dengan disleksia. 

1. Deteksi Dini Disleksia

Berikut adalah tes dan pengujian yang bisa dilakukan orang tua secara mandiri.

  • Identifikasi gejala disleksia dan seberapa sering gejala tersebut muncul. Catat dengan baik dan kabarkan sesuai yang dialami pada dokter.
  • Periksa riwayat keluarga apakah ada yang menderita gangguan disleksia atau tidak.
  • Isi kuisioner untuk anak dan orang tua yang diberikan oleh ahli medis.
  • Tes membaca mungkin akan diberikan pada anak.
  • Tes lain, termasuk tes keterampilan mungkin akan dilakukan.
  • Anak akan melakukan tes neurologis. Tes ini juga bisa menemukan gangguan/penyakit lain.
  • Evaluasi psikologi akan lakukan.

2. Intervensi Disleksia

Setelah deteksi dini dilakukan dan anak dipastikan disleksia, penanganan dan intervensi wajib dilakukan.

  • Lakukan pendekatan multisensori Orton-Gillingham. Metode penanganan ini melibatkan gabungan berbagai indera, dari visual sampai kinestetik.
  • Pelatihan kronologis akan dilakukan. Tujuan dari pelatihan ini adalah mengembangkan kemampuan anak dalam memproses dan mengenali bunyi-bunyi bahasa.
  • Untuk mendukung kegiatan akademis anak dengan gangguan disleksia, penggunaan Assistive Technology and Accommodations bisa dilakukan.
  • Ahli bisa menerapkan program intensif membaca terstruktur. Fokus program ini adalah membuat anak bisa fokus pada peningkatan kelancaran, pemahaman, kosa kata, dan fonik.
  • Pendekatan individu dilakukan untuk mengidentifikasi gaya dan kebiasaan belajar yang disukai anak. Dukungan dan partisipasi aktif orang tua sangat diperlukan.

Klinik RHE siap melakukan deteksi dini dan intervensi gangguan disleksia pada anak. Ahli kejiwaan berpengalaman dengan reputasi yang baik diperlukan agar penanganan disleksia bisa dilakukan dengan baik. Jangan khawatir, anak dengan disleksia mampu mencapai kecerdasan yang di atas rata-rata.

Penting untuk dicatat bahwa intervensi gangguan disleksia paling efektif bila dilakukan secara komprehensif dan melibatkan kerjasama antara berbagai pihak, termasuk orang tua, guru, terapis, dan psikolog. Orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter anak, psikolog, atau terapis untuk mendapatkan arahan yang tepat dalam memilih intervensi yang sesuai dengan kebutuhan individu anak.

Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE memahami bahwa setiap anak dengan disleksia memiliki kebutuhan yang unik. Oleh karena itu, kami menawarkan berbagai layanan intervensi berupa layanan psikolog dan terapi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan individu anak. Tim terapis dan psikolog kami yang telah berpengalaman dan profesional akan bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkan rencana intervensi yang komprehensif dan efektif untuk anak Anda.

Hubungi kami hari ini untuk segera menjadwalkan konsultasi anak Anda.

Referensi

What is Dyslexia?, The British Dyslexia Association.

Dyslexia, NHS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami