Dampak Susah Makan pada Kesehatan Jangka Panjang Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Masa kanak-kanak adalah masa emas untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental anak. Pada masa ini, anak membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk mendukung proses tersebut. Sayangnya, beberapa anak mengalami kesulitan dalam makan, seperti susah makan yang dikarenakan masalah fisik maupun psikologis.

Namun, tahukah Anda anak yang enggan untuk makan dapat membawa dampak yang serius bagi kesehatan mereka? Dampak tersebut tidak hanya terlihat secara langsung, tetapi juga dapat berpengaruh pada kesehatan jangka panjang.  

Dampak Anak yang Susah Makan

Anak-anak yang mengalami kesulitan makan seringkali menjadi perhatian utama orang tua dan tenaga medis. Tidak hanya menyebabkan kekhawatiran sehari-hari, tetapi juga menimbulkan berbagai dampak hingga risiko komplikasi kesehatan yang dapat berlangsung hingga masa dewasa. 

Baca juga:  Anak Susah Makan Yuk Pakai Cara Ini untuk Mengatasinya

1. Gangguan Pertumbuhan dan Kurang Gizi

Anak yang susah makan rentan mengalami gangguan pertumbuhan dan kekurangan gizi. Nutrisi yang cukup penting untuk pertumbuhan tulang, otak, dan sistem kekebalan tubuh tidak dapat dipenuhi, menyebabkan keterlambatan perkembangan fisik dan kognitif. 

Kekurangan nutrisi ini dapat mempengaruhi kesehatan anak hingga masa dewasa. Orang tua harus lebih berinovasi untuk membuat anak tergerak makan, seperti halnya mengolah dan menghias makanan agar anak tertarik untuk makan.

2. Masalah Kesehatan Mental

Anak yang susah makan dapat menjadi penyebab stres dan kecemasan. Anak-anak yang mengalami stres terkait makanan akan menimbulkan hubungan yang buruk dengan makanan, membentuk pola makan yang tidak sehat, dan berisiko mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia.

3. Masalah Kesehatan Fisik

Kekurangan nutrisi akibat kesulitan makan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik. Anak-anak yang tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dapat mengalami masalah tulang, gigi, dan kulit. Kondisi ini dapat berlanjut menjadi masalah kesehatan yang lebih serius pada masa dewasa.

4. Gangguan Sistem Pencernaan

Pola makan yang tidak teratur atau tidak mencukupi dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan anak. Mulai dari masalah pencernaan ringan seperti sembelit hingga masalah yang lebih serius seperti gangguan pencernaan kronis dapat muncul akibat pola makan yang tidak sehat.

Susah makan pada anak bukan hanya masalah sepele yang dapat diatasi dengan mudah. Untuk itu, dengan memahami dampaknya pada anak, sebagai orang tua Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Jika Anda khawatir dengan kebiasaan makan anak, atau melihat tanda-tanda anak sulit untuk makan, Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE hadir untuk membantu. Klinik RHE memiliki tim dokter tumbuh kembang anak yang dapat memberikan evaluasi dan intervensi yang tepat untuk mengatasi susah makan pada anak. Selain itu, kami juga menyediakan layanan psikolog dan terapi untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Silahkan hubungi kami untuk mendapat informasi lebih lengkapnya dan sesi konsultasi anak Anda.

Referensi 

Young children’s diets show no improvement in last decade, ‘could get much worse’ under COVID-19 – UNICEF, UNICEF Indonesia.

Nutrition is Vital for a Healthy Child, Parent Circle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami