Cara Praktis Mencegah dan Mengatasi Kurang Gizi pada Anak

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Kurang gizi menjadi momok yang mengerikan bagi orang tua jika anaknya mengalami kondisi tersebut. Karena pastinya, kesehatan anak menjadi prioritas yang utama bagi setiap orang tua. Kekurangan gizi yang dialami oleh anak dapat berdampak serius pada pertumbuhan dan perkembangan mereka kedepannya.

Untuk itu, jika Anda merupakan seorang orang tua, maka perlu menyimak apa saja langkah yang tepat dalam mencegah dan mengatasi masalah kekurangan gizi pada anak dengan baik. Mari simak ulasan lengkapnya berikut.

Gejala Kurang Gizi pada Anak

Kekurangan gizi pada anak terjadi ketika mereka tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi. Nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal melibatkan berbagai macam vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak. Berikut adalah beberapa gejala yang dialami anak kekurangan gizi:

  • Memiliki tinggi badan dan berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan anak sebaya mereka (stunting).
  • Cenderung lelah dengan cepat dan kurang berenergi untuk beraktivitas.
  • Kulit kering, rambut kusam, dan masalah kulit lainnya dapat menjadi tanda anak kurang gizi.
  • Rentan terhadap infeksi dan penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka tidak optimal.

Berbagai gejala dari anak yang mengalami kekurangan gizi seimbang seperti yang sudah tersampaikan di atas perlu Anda ketahui dan tindaklanjuti. Dengan begitu, maka Anda akan lebih paham dengan tumbuh kembang anak.

Cara Mencegah dan Mengatasi Kekurangan Gizi pada Anak 

Salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan anak adalah pencegahan dan penanganan kurang gizi. Simak cara yang bisa dicoba berikut:

1. Menyeimbangkan Pola Makan

Orang tua perlu memastikan anak-anak mendapatkan makanan seimbang yang mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak. Menu makanan harian sebaiknya mencakup sayuran, buah-buahan, sumber protein, dan biji-bijian.

2. Memberikan Suplemen Gizi

Kadang-kadang, anak-anak memerlukan suplemen gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, terutama jika mereka memiliki pola makan yang kurang lengkap. Konsultasikan dengan dokter maupun ahli gizi sebelum pemberian suplemen.

3. Mengubah Pola Makan

Dokter atau ahli gizi dapat membantu merancang pola makan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak. Hal ini mungkin melibatkan penambahan jenis makanan tertentu atau penyesuaian jumlah porsi.

4. Mengedukasi tentang Gizi

Memberikan edukasi tentang pentingnya gizi kepada anak-anak juga merupakan langkah yang penting. Dengan memahami pentingnya pola makan seimbang, anak-anak dapat menjadi lebih sadar akan pilihan makanan mereka.

Anak yang kurang gizi perlu mendapatkan atensi khusus dari Anda selaku orang tua. Masalah ini juga bisa Anda konsultasikan melalui dengan penanganan yang lengkap oleh ahli gizi profesional yang andal dalam hal peningkatan gizi pada anak.

Penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mengetahui bahwa masalah kekurangan gizi dalam penelitian medis merupakan salah satu penyebab masalah tumbuh kembang anak. Masalah ini bisa Anda konsultasikan dengan Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE

Hubungi kami untuk segera mendapat layanan yang terbaik dan tepat.

Referensi 

Malnutrition: Definition, Symptoms and Treatment, Streit, L. Healthline.

Cara Tepat Mencegah dan Mengatasi Anak Kurang Gizi, By Yusuf Dwi Putra

Acute Malnutrition in Children: Pathophysiology, Clinical Effects and Treatment, Dipasquale, V., Cucinotta, U., & Romano, C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami