Cara Orang Tua Mendukung Anak Perempuan Gangguan ADHD

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Gangguan ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder pada anak perempuan menunjukkan pola perilaku yang berbeda dibandingkan dengan anak laki-laki. Gejala ADHD pada anak perempuan seringkali tidak mudah terlihat, yang membuat orang tua cenderung mengabaikannya. 

Umumnya, gejala awal dapat terlihat dari anak perempuan yang tidak rapi, mudah lupa, banyak bicara, perhatiannya mudah teralihkan, bahkan sampai dengan agresif secara verbal. Untuk itu, peran orang tua sangatlah penting dalam mengetahui dan memberikan dukungan yang tepat untuk membantu anak perempuan mengatasi tantangan yang muncul akibat gangguan ADHD ini.

Cara Memberikan Dukungan Anak Perempuan dengan Gangguan ADHD

Gejala ADHD pada anak perempuan memang sulit dikenali di dalam kehidupan sosial. Biasanya gejala tersebut hanya dianggap sebagai anak yang bodoh dan pemalas. Dari sini, para orang tua harus memberikan perhatian secara khusus untuk anak perempuan yang memiliki gejala ADHD. 

Namun, jika sudah mendapat dianogsis bahwa anak mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder, berikut ini cara memberikan dukungan dan menghadapi anak Anda, yaitu:

1. Tidak Memarahi Anak

Anak dengan gangguan ADHD, mereka tidak menyadari akan hal ini. Oleh karena itu, orang tua jangan memarahinya agar sang anak tidak merasa dirinya tidak memiliki tempat yang aman. Bantu anak untuk mengembangkan pengembangan secara realistis perihal dirinya sendiri. 

Setelah itu bantulah anak mengenali kelemahan, kekuatan, serta potensi diri yang dimiliki untuk menciptakan rasa percaya diri pada anak.

2. Membangun Hubungan Saling Percaya

Jalin hubungan dengan sang anak melalui cara yang sangat menyenangkan. Tunjukkan kepada anak bahwa Anda mampu menghargainya, menerimanya tanpa syarat dan percaya terhadapnya. Support dari orang tua dapat membangun relasi bersama dengan anak.

3. Menjadi Tempat Keluh Kesah Anak

Anak perempuan yang mengalami gangguan ADHD seringkali merasa bahwa dirinya berbeda dengan teman-temannya, sehingga menjadi orang yang terasingkan. 

Dari sini, orang tua dapat menunjukan perhatiannya, mampu memahami perasaan anak dan menjadi tempat yang bisa menjadi keluh dan kesah anak tanpa harus menghakimi.

4. Menjadi Contoh yang Baik 

Tunjukkan regulasi emosi, pemecahan masalah, komunikasi yang penuh hormat, ketahanan yang baik serta advokasi diri kepada anak. Selain itu, orang tua juga harus menunjukkan sikap disiplin di depan anak. Pada umunya, anak dengan ADHD akan kurang disiplin, bahkan cenderung impulsif. 

Dengan memberikan contoh yang baik kepada anak, maka secara tidak langsung dapat membantu untuk memberikan contoh disiplin.

Jadi, dengan memberikan dukungan emosional, bimbingan dalam manajemen waktu, serta konsistensi dalam memberikan perhatian positif, sebagai orang tua, Anda dapat membantu anak mengatasi hambatan dan meraih potensi optimal. Dalam mendukung anak perempuan dengan gangguan ADHD, peran orang tua, kerjasama dengan sekolah, dan dukungan profesional sangat penting.

Untuk mendukung perjalanan perkembangan anak Anda, Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE hadir sebagai profesional terpercaya. Kami menyediakan layanan khusus dengan tim yang berkompeten dalam membimbing anak-anak melewati tantangan ADHD dan meraih perkembangan yang optimal.

Dengan pendekatan holistik, kami tidak hanya fokus pada aspek medis, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada aspek psikososial dan pendidikan anak.

Silahkan jadwalkan konsultasi dan bersama memastikan anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik, meraih potensi optimal, dan memiliki masa depan cerah.

Referensi

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) in Girls: Symptoms, Treatments, and More, Healthline.

How to Help Girls With ADHD, Child Mind Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami