Atasi Permasalahan Perilaku pada Anak Autism Spectrum Disorder

Jadwal Operasional Klinik

Senin – Minggu
08.00 – 18.00 WIB

Anak dengan autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) memerlukan perhatian dan penanganan khusus dari orang tua. Permasalah perilaku yang muncul dalam berbagai aktivitas tidak boleh dianggap hal yang umum. Hal tersebut memang terjadi, tetapi bukan alasan untuk dibiarkan terus menerus.

Penanganan permasalahan perilaku pada anak ASD tentunya melibatkan perhatian dan partisipasi aktif orang tua. Hal tersebut memang bukan perkara mudah, diperlukan kesadaran dan kesabaran tinggi agar masalah perilaku bisa diatasi dengan baik dan tidak sering muncul.

Nah, disini kami akan berikan solusi untuk Anda sebagai orang tua untuk mengatasi perilaku anak yang menderita autism.

Baca juga: Mengenali Tanda-Tanda Awal Autism Spectrum Disorder (ASD) pada Anak

3 Solusi untuk Mengatasi Masalah Perilaku Anak Autism Spectrum Disorder

Sebagai upaya untuk membuat anak ASD berkembang dan terhindar dari berbagai masalah, orang tua bisa menerapkan beberapa hal positif pada upaya tersebut. Terapi tentu selalu menjadi opsi, tetapi bukan berarti dengan diterapinya anak, orang tua tidak berkontribusi di rumah dan sekolah. 

Menurut IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia, anak yang mengidap autisme memerlukan konsultasi dari ahli dalam berbagai bidang ilmu. Walaupun tidak semua penderita membutuhkan terapi obat atau pengobatan farmakoterapi, namun mereka membutuhkan intervensi non-obat. Berikut adalah 3 penanganan awal menghadapi permasalahan perilaku pada anak ASD.

1. Bangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi akan selalu menjadi aspek vital dalam menangani anak pengidap Autism Spectrum Disorder. Sebagai orang tua, Anda wajib membangun komunikasi yang baik dengan anak. Salah satu cara untuk melakukannya adalah mengoptimalkan berbagai panduan, perlatana, dan aspek yang memiliki unsur visual yang cukup kuat.

Anak ASD mampu memproses informasi visual dengan sangat baik. Oleh karena itu, penggunaan bantuan visual akan membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Berbicaralah dalam kalimat yang sederhana dan pendek. Dengan ketekunan dan konsisten, kualitas komunikasi anak ASD dipastikan akan meningkat.

2. Terapkan Rutinitas

Terapkan pola hidup sehat dengan rutinitas yang konsisten dan mudah diprediksi. Rutinitas yang konsisten pada anak berdampak positif pada manajemen stres dan kemampuan menghadapi perubahan. Anak akan mengetahui pasti apa yang akan mereka hadapi sehingga meminimalisir berbagai masalah.

3. Terapi

Terapi untuk anak Autism Spectrum Disorder bisa melibatkan keluarga dan konsumsi obat-obatan bila diperlukan. Partisipasi aktif Anda tetap diperlukan untuk menyukseskan terapi. Selain itu, dalam beberapa kasus, terapi juga dapat mencakup penggunaan obat-obatan tertentu. Meskipun demikian, partisipasi aktif keluarga tetap menjadi kunci dalam kesuksesan terapi ini.

Berbagai terapi mulai dari terapi komunikasi hingga perilaku dapat memberikan bantuan kepada anak Autism Spectrum Disorder kini banyak dijumpai diberbagai klinik, seperti Klinik Tumbuh Kembang Anak RHE.

Klinik RHE memberikan alternatif berbagai layanan terapi yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus anak Anda, melibatkan pendekatan yang ramah dan profesional. Kami memahami betapa pentingnya peran keluarga dalam proses terapi, dan kami berkomitmen untuk bekerja sama dan berkomunikasi yang intens dengan Anda untuk mencapai perkembangan yang optimal.

Demikian pembahasan terkait solusi-solusi yang dapat membantu mengatasi perilaku anak dengan autisme secara efektif. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan jadwalkan konsultasi untuk membahas opsi terbaik bagi buah hati Anda.

Referensi

NICE Guideline CG170: Autism in under 19s. Interventions for Behaviour

WebMD. Diakses pada 2023. Can You Prevent Autism?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Pelayanan dari hati demi optimalnya tumbuh kembang buah hati Anda

Klinik Ruwivito Harun Evasari

Jam Operasional Klinik

Back To Top
© 2024 · Klinik RHE
Hubungi Kami